5 Cara Mengatasi Kecandungan Game

Sejak gadget mulai mendunia memang tidak heran jika banyak yang tertarik bermain game baik dimainkan secara online maupun offline. Bermain game di gadget memang asyik, bahkan tidak jarang anak seumuran SD sudah bisa memainkannya. Sekarang zaman semakin berkembang sehingga permainan tradisional semakin punah. Banyak yang tidak tertarik dengan permainan zaman dulu seperti lompat tali, petak umpat dan sebagainya. Mereka sudah merasa bahagia tatkala diberi pegangan gadget.

Bukan hanya anak-anak saja yang sudah kecanduan game, melainkan usia remaja hingga dewasa juga masih sering memainkannya. Justru mereka yang mengerti keuntungan game akan semakin menjadi-jadi. Mereka berusaha terus agar bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah setelah memainkan game. Namun kebanyakan game di http://www.baba303.com yang dimainkan secara online dan harus memiliki kuota internet untuk memainkannya.

Bagi orang tua yang sayang terhadap anaknya tentu sangat khawatir dengan perilaku buah hatinya saat ini. Kebanyakan mereka lupa waktu dan yang dihadapinya adalah gadget. Mungkin jika menghabiskan kuota internet bukn menjadi masalah, namun sangat disayangkan jika mereka harus merasakan sakit mata karena kebanyakan melihat layar HP.

Cobalah untuk mengatasi kecanduan bermain game secara pelan-pelan agar buah hati anda berada di jalur yang sehat. Disini kami akan memberikan lima tips mengatasi kecanduan game yaitu:

Pertama, buatlah batasan waktu dalam bermain

Sebagai orang tua tentu akan sangat tersayat hatinya apabila melihat anaknya seharian penuh bermain game. Bahkan anak tersebut sudah lupa waktu makan, belajar dan sebagainya. Cobalah untuk mengatur waktu bermain mereka. Mungkin untuk pertama kalinya akan memberontak, namun anda bisa kasih nasehat secara halus agar mereka menyadari bahwa kecanduan game sama sekali tidak baik.

Kedua, cobalah bermain dengan teman

Anda harus membuat anak tersebut disibukkan dengan temannya. Jika mereka sudah berkumpul dengan temannya dan asyik bermain ataupun melakukan diskusi, maka lama kelamaan juga bisa melupakannya.

Ketiga, jangan jadi perfeksionis

Banyak yang menunggu untuk menang meskipun sudah kalah berkali-kali. Mereka sampai tidak tahu waktu bahwa sangat berharga dibandingkan bermain game. Sebaiknya anda menerima kekalahan tersebut dan berhenti. Janga jadikan waktu tersebut berlalu begitu saja dengan game anda.

Keempat, perbanyak aktivitas diluar

Anda pasti akan menjadi pemalas jika selalu bermain game di kamar, sebaiknya anda harus memiliki kesadaran bahwa diluar sana banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan. Di Pagi hari anda bisa melakukan olahraga bersama teman-teman ataupun saudara agar tubuh anda sehat.

Kelima, perbanyak membaca hiburan seperti komik, novel dan sejenisnya

Dipastikan anda lebih mudah untuk menghindari bermain game karena memiliki aktifitas lainnya. Carilah bacaan yang bisa membuat anda tergugah dan termotivasi agar hidup semakin berguna.

Itulah beberapa tips mengatasi kecanduan game yang bisa kami sampaikan. Semoga anda sebagai orangtua selalu memantau tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Usahakan selalu membatasi gadget meskipun harus penuh dengan tangisan. Carilah kegiatan positif untuk menghindari permainan game yang sudah marak ini. Jika tidak, maka anda sebagai orang tua akan merasakan menyesal karena sudah terlanjur kecanduan.

Melihat gadget mungkin boleh-boleh saja asalkan tidak anda kenalkan dengan game, terlebih sekarang ini sistemnya online. Selain menghabiskan kuota internet, radiasi gadget tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan. Semoga bagi siapapun yang sudah mengalami kecanduan akan bisa mengatasinya dengan sendiri dan melawan sesuatu yang tidak berguna. Semoga artikel kami menginspirasi anda.